Langsung ke konten utama

Lingkar Kepala dan Ukuran Fontanel Bayi




1.       Berapa cepat pertambahan lingkar kepala pada bayi?
2.       Bagaimana anatomi ubun-ubun besar dan kecil?
3.       Berapa ukuran fontanel normal?
Jawab
1.       Lingkar kepala rata-rata 33-35,5 cm (13-14 inci), tetapi waktu lahir bisa lebih kecil untuk menyesuaikan jika kelahiran terjadi pervaginam. Biasanya hari kedua atau tiga ukuran sudah kembali normal. 6 bulan pertama lingkar kepala bertambah 1,5cm/bulan. 6 bulan berikutnya menurun jadi 0,5cm/bulan. Ukuran rata-rata 43cm pada 6 bulan pertama, dan 46 cm pada usia 12 bulan. Pada usia 1 tahun, ukuran kepala telah meningkat sampai 33%.
Fontanel posterior menutup pada usia 6-8 minggu, sedangkan fontanel anterior menutup pada usia 12-18 bulan (rata-rata pada usia 14 bulan). Berat otak bertambah sekitar dua setengah kalinya pada akhir tahun pertama. Ditandai dengan reflek volunter.
Lingkar kepala diukur tiap bulan pada tahun pertama, per tiga bulan pada tahun kedua, dan perenam bulan pada tahun ke 3-5. Grafik bayi dimulai dari 32-38cm, sedangkan perempuan 31-37 (www.idai.org). Disebut mikrosefali jika kurang dari 2 sd, disebut makrosefali jika lebih dari 2 sd. Menggunakan grafik kepala Nelhaus.


 Anatomi ubun-ubun pada bayi
2.      


3.       Ukuran fontanel normal
Fontanel anterior berbentuk berlian dan berukuran 4-5cm (sekitar 2inci) pada titik terlebarnya (dari tulang ke tulang).
Fontanel posterior berbentuk segitiga, biasanya berukuran 0,5-1 cm (kurang dari ½ inci) pada bagian terliasnya.
Fontanel normal teraba datar, keras dan berbatas tegas terhadap sisi-sisi tulang tengkorak. Sering terlihat pulsasi pada fontanel anterior. Batuk, menangis, atau berbaring dapat menyebabkan fontanel mengembung sementara. Fontael tegang dan gembung juga melebar menandakan adanya peningkatan intra kranial. Fontanel yang sangat cekung dan tenggelam menandakan dehidrasi.
Sensasi menekan bola pingpong pada batas tulang parietal dan oksipital sepanjang sutura lamboidea bisa jadi merupakan tanda hidrosefalus atau sifilis bawaan, tetapi normal pada neonatus dengan presentasi bokong. Keadaan ini dikenal sebagai kraniotabes fisiologis.

Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol 1 Wong
 Oleh Donna L. Wong, dkk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANTA PRISCILLA (16 Januari)                               Santa Priscilla adalah seorang gadis Romawi, yang dikenal juga dengan nama Santa Prisca. Ia adalah salah satu pendiri katakombe tertua di Roma, yakni Katakombe Santa Priscilla, di jalan Salaria, Roma. Santa Priscilla adalah istri dari Mainus Acilius Glabrio, yang meninggal dunia karena teguh mempertahankan imannya pada masa penganiayaan terhadap kaisar Domitianus (81-96). Menurut cerita, Santo Petrus pernah menggunakan rumah Priscila di jalan Salaria sebagai markasnya. Dibawah rumah itu, digali katakombe - katakombe. Santo Pundens dianggap sebagai putera dari Priscila. Priscila meninggal pada tahun 98.   Di Gereja Katakombe St. Priscilla di Roma  di tampilkan sebuah lukisanfresco abad ke-2 yang menggambarkan   Nativity of Christ   atau Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus. Lukisan ini menjadi salah satu asal-usul perayaan Natal. Priscilla dan Aquila adalah pasangan Yahudi yang diusir meninggalkan Roma ol

Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel

Dalam suatu penelitian, setelah menentukan hipotesis, peneliti akan menentukan subyek yang harus diteliti. Subyek yang diteliti biasanya merupakan suatu populasi. Populasi adalah keseluruhan atau himpunan obyek dengan ciri yang sama. Populasi yang diteliti biasanya dalam jumlah yang besar, sehingga data yang diambil biasanya bukanlah kesuluruhan dari populasi melainkan hanya sebagian dari populasi yang disebut sampel. Misalnya sesendok sayur dianalogikan sebagai sampel untuk dicoba, sedangkan sepanci sayur yang sama dianalogikan sebagai populasi. Penelitian dengan menggunakan sampel biasa digunakan untuk menghemat waktu, dana, dan biaya penelitian. Sampel yang diambil haruslah sedapat mungkin mewakili populasi yang ingin diteliti / representatif. Untuk mendapatkan sampel yang representatif maka dibutuhkan teknik atau cara-cara tertentu agar data yang didapat sesuai dengan tujuan penelitian. Pengambilan sampel untuk penelitian disebut sampling. Teknik sampling yang tidak baik dapat